anti israel flag
MAUKAH ANDA DIBAYAR HANYA DENGAN MENGKLIK IKLAN DAN NGELIATIN IKLANNYA SELAMA BEBERAPA DETIK? TANPA SYARAT, TANPA ANCAMAN, TANPA TIPUAN... BERGABUNGLAH DI KLIKRUPIAH, KLIKAJADEH, NGEBUX atau ARA-BUX !!! KALAU MAU MAKSIMAL, GABUNG SAJA DENGAN KEEMPAT-EMPATNYA!

Thursday, December 11, 2008

10 Orang Terkaya Indonesia 2008!!!



Posisi orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes Asia berubah dari Aburizal Bakrie menjadi Sukanto Tanoto, pemilik kelompok usaha Raja Garuda Mas. Aburizal yang tahun lalu (2007) berada di peringkat teratas, kini menempati urutan kesembilan!

Dalam siaran persnya di Singapura, Kamis 11 Desember 2008,
Forbes mengatakan bahwa kekayaan netto Indonesia merosot drastis akibat pasar modal yang anjlok sekitar 54 persen dari tahun sebelumnya. Selain itu, harga-harga komoditas merosot dan juga dipengaruhi oleh melemahnya nilai tukar Rupiah.

Situasi tersebut menyebabkan kekayaan 40 orang terkaya di Indonesia anjlok hampir 50 persen dari tahun sebelumnya! Tahun ini, total kekayaan 40 orang terkaya Indonesia tersebut 'hanya' sekitar 21 miliar Dolar AS, padahal pada tahun lalu total kekayaan mereka mencapai 40 miliar Dolar AS!

Sukanto Tanoto berada di puncak daftar orang terkaya Indonesia versi
Forbes Asia pada tahun 2006. Pada tahun ini, Sukanto kembali dinobatkan sebagai orang terkaya dengan harta senilai 2 miliar Dolar AS. Kekayaan Sukanto ini turun sekitar 57 persen dari total kekayaannya tahun sebelumnya yang mencapai 4,7 miliar Dolar AS.

Sedangkan peringkat kedua dan ketiga orang terkaya Indonesia ditempati oleh Hartono bersaudara, R Budi dan Michael, pemilik perusahaan rokok Djarum.

Aburizal Bakrie, sang juara bertahan, kini duduk di nomor 9 dengan kekayaan 850 juta Dolar AS. Tahun lalu, Bakrie menjadi orang terkaya se-nusantara dengan kekayaan senilai 5,4 miliar Dolar AS.
Forbes mencatat, kemerosotan kekayaan Aburizal merupakan yang terparah di antara 40 orang terkaya Indonesia!

Kemerosotan kekayaan Bakrie antara lain disebabkan jatuhnya saham-saham perusahaan keluarga Bakrie sekitar 90 persen. Saat wawancara dengan
Forbes Asia, Bakrie mengkritik pencetus rumor permusuhan dan skandal menyedihkan dalam usaha pemulihan grupnya.

Daftar orang terkaya Indonesia ini disusun berdasarkan harga saham dan nilai tukar mata uang pada 28 November 2008. Perusahaan (milik 40 orang terkaya Indonesia) yang tidak bersedia memberikan datanya, maka penilaian dilakukan dengan membandingkan perusahaan publik yang serupa.

Berikut daftar lengkap 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2008 versi
Forbes Asia :

  1. Sukanto Tanoto, 2 miliar Dolar AS
  2. R Budi Hartono, 1,72 miliar Dolar AS
  3. Michael Hartono, 1,68 miliar Dolar AS
  4. Putera Sampoerna, 1,5 miliar Dolar AS
  5. Martua Sitorus, 1,3 miliar Dolar AS
  6. Peter Sondakh, 1,05 miliar Dolar AS
  7. Eddy William Katuari, 1,04 miliar Dolar AS
  8. Eka Tjipta Widjaja, 950 juta Dolar AS
  9. Aburizal Bakrie, 850 juta Dolar AS
  10. Murdaya Poo, 825 juta Dolar AS


Sumber : Koran "Warta Kota" edisi 12 Desember 2008


No comments: