anti israel flag
MAUKAH ANDA DIBAYAR HANYA DENGAN MENGKLIK IKLAN DAN NGELIATIN IKLANNYA SELAMA BEBERAPA DETIK? TANPA SYARAT, TANPA ANCAMAN, TANPA TIPUAN... BERGABUNGLAH DI KLIKRUPIAH, KLIKAJADEH, NGEBUX atau ARA-BUX !!! KALAU MAU MAKSIMAL, GABUNG SAJA DENGAN KEEMPAT-EMPATNYA!

Wednesday, November 19, 2008

Uang Kertas di Jepang Membantu Orang-Orang Tunanetra!!!!



Bagaimana orang Jepang yang buta sejak lahir, mengenali satuan nominal uang kertas?

Jepang, sebagai negara maju, tidak pernah membedakan perlakuannya terhadap orang cacat dan orang normal, dalam segala hal. Malah terlihat, bagaimana mereka seakan dengan keras mengajarkan “hal yang sama” antara orang normal dan mereka yang kebetulan diberikan kekurangan. Salah satunya memberikan kemudahan bagi orang buta untuk mengenali nilai nominal suatu uang kertas.Mungkin, bagi orang asing yang telah lama tinggal di Jepang pun, tidak memperhatikan hal ini. Uang kertas di Jepang di cetak dalam bentuk yang hampir sama dari segi dimensi. Tentu akan menyulitkan bagi orang buta, apabila tidak ada pembedaan khusus untuk mengenali nilai suatu mata uang.

Pemerintah, dalam hal ini Bank of Japan, telah jauh hari memikirkan hal ini, sehingga muncullah penyelesaian berupa pemberian stempel/ mark timbul yang berbeda-beda di setiap mata uang kertas yang dikeluarkan. Di Jepang, dikenal uang kertas: 1000 Yen, 2000 Yen (agak jarang), 5000 Yen dan 10000 Yen. Bagaimana orang buta membedakannya???

1. Uang kertas 1000 Yen:

Untuk pecahan 1000 Yen, pemerintah memberikan cap timbul berupa garis lurus kecil di bagian kiri dan kanan bawah, pada sisi muka uang kertas tersebut. Perhatikan No. 8, di gambar

2. Uang kertas 2000 Yen:

Satuan uang ini, termasuk baru dan satuan langka, di Jepang. Sering (bahkan hampir semuanya) mesin penjual otomatis, “menolak” satuan uang ini. Kasir pun, kadang sering kebingungan meletakkan uang kertas 2000 JPY ini.
Karena ke khususan uang kertas 2000 Yen ini, bank of Japan memberikan tanda yang sedikit berbeda penempatannya dibanding uang kertas yang lain. Yaitu berupa tiga bulatan di bagian kiri bawah, pada sisi belakang uang kertas (pada satuan lain, tanda khusus ditempatkan di sisi muka). Perhatikan No. 6 pada gambar.

3. Uang kertas 5000 Yen:

Untuk satuan 5000 Yen ini, pemerintah memberikan tanda berupa bulatan di sisi kiri dan kanan bawah pada bagian muka uang kertas ini. Perhatikan No. 8, pada gambar.

4. Uang kertas 10000 Yen:

Nilai nominal ini, adalah nilai nominal satuan terbesar yang di kenal di Jepang. Untuk membedakannya dengan yang lain, pemerintah memberikan tanda menyerupai huruf L, yang ditempatkan di ujung kiri dan kanan bawah, sisi muka uang kertas ini. Perhatikan No. 8, pada gambar.

Terlihat jelas, betapa kemudahan diberikan dan telah jauh dipikirkan, untuk membantu mereka yang mengalami keterbatasan.


Sumber : www.oketo.wordpress.com

No comments: