anti israel flag
MAUKAH ANDA DIBAYAR HANYA DENGAN MENGKLIK IKLAN DAN NGELIATIN IKLANNYA SELAMA BEBERAPA DETIK? TANPA SYARAT, TANPA ANCAMAN, TANPA TIPUAN... BERGABUNGLAH DI KLIKRUPIAH, KLIKAJADEH, NGEBUX atau ARA-BUX !!! KALAU MAU MAKSIMAL, GABUNG SAJA DENGAN KEEMPAT-EMPATNYA!

Wednesday, February 11, 2009

Komik Paling Mahal Di Dunia!!!


Oleh : Alif Rafik Khan

Banyak orang yang membaca komik saat masa kecilnya, tapi hanya ada beberapa orang yang masih menjalankan kebiasaan ini setelah mereka dewasa dan kemudian menjadi kolektor dari komik-komik yang menjadi kenangan dulu. Beberapa orang berpikir kalau komik hanyalah terdiri dari cerita-cerita superhero khayalan, tapi kemudian komik yang lebih modern seperti manga atau novel grafis mengubah pandangan tersebut. Sekarang yang jadi pertanyaan, komik apakah yang paling berharga di dunia kalau dilihat dari harganya yang paling mahal?

Setiap kolektor komik yang benar-benar serius pasti dapat menjawab pertanyaan ini, kalau komik yang paling mahal di dunia adalah Action Comics #1 produksi DC (1938), yang ditulis oleh Jerry Siegel dan digambar oleh Joe Shuster. Kenapa buku ini teramat istimewa sehingga dihargai begitu mahalnya? Ternyata dalam buku komik ini terdapat 12 halaman pertama dari kisah Superman, tokoh superhero yang kemudian menjadi legenda paling dahsyat di dunia komik! Pertanyaan lainnya, kenapa harga komik ini bisa melampau, katakanlah, komik pertama Spiderman. Padahal kalau dilihat dari penjualan filmnya, film Spiderman jauh melampaui hasil penjualan film-film Superman dari zaman Christopher Reeves sampai sekarang! Jawabannya : Buku komik tersebut tak hanya menandai kehadiran pertama Superman, tapi juga kehadiran pertama tokoh superhero dalam komik!

Semua stereotip khas superhero untuk pertama kalinya tergabung dalam komik ini : kekuatan super power, identitas rahasia, latar belakang keilmiahan dan... celana kolor yang dipasang di luar! Kisah Superman, yang merupakan gabungan dari mitologi Yunani dan kepahlawanan ala Flash Gordon adalah tokoh yang digambarkan nyata hidup dalam keseharian kita. Kombinasi inilah yang masih kita lihat sekarang dalam buku-buku komik keluaran DC atau Marvel (X-Men, Iron Man, Batman dan sebagainya), dan dulu sempat begitu meraja di Indonesia sehingga melahirkan superhero-superhero lokal semacam Gundala Putera Petir, Godam, Gina dan sebagainya.

Lantas, berapa sih harga dari komik ini sampai menjadi rekor dunia? Berdasarkan Scoop, sebuah newsletter komik, sebuah sertifikasi garansi komik (CGC) dengan kondisi fisik buku bernilai 4.0 ("very good" atau sangat baik), dan merupakan asli edisi pertama dari Action Comics #1 terjual 195 ribu dolar, atau sekitar Rp 2.145.000.000 (dua milyar seratus empat puluh lima juta Rupiah), pada bulan Mei 2006. Hasil ini mengalahkan rekor sebelumnya komik termahal yang bertahan bertahun-tahun atas nama Amazing Fantasy #15 dengan sertifikasi (CGC) 9.4 (near "mint" condition) yang memuat penampilan pertama Spiderman, dan terjual lebih dari 70 ribu dolar. Bayangkan, lebih dari dua kali lipatnya!

Padahal kalau uang segede itu dibeliin kerupuk kan lumayan buat makan SEUMUR HIDUP!!

>

No comments: