anti israel flag
MAUKAH ANDA DIBAYAR HANYA DENGAN MENGKLIK IKLAN DAN NGELIATIN IKLANNYA SELAMA BEBERAPA DETIK? TANPA SYARAT, TANPA ANCAMAN, TANPA TIPUAN... BERGABUNGLAH DI KLIKRUPIAH, KLIKAJADEH, NGEBUX atau ARA-BUX !!! KALAU MAU MAKSIMAL, GABUNG SAJA DENGAN KEEMPAT-EMPATNYA!

Thursday, January 8, 2009

20 Pemilik Klub Inggris Raya Terkaya 2008!!!


Kerajaan Chelsea yang dibangun Roman Abramovich terancam! Indikasi itu tampak menyusul lengsernya Abramovich sebagai orang termakmur di sepakbola Inggris.

 

Dengan kekayaan bernilai tujuh miliar Pounds, pengusaha asal Rusia itu sekarang harus puas menduduki posisi ketiga dalam penelitian yang dilakukan majalah FourFourTwo. Dia digeser pemilik Manchester City Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan yang punya harta sebesar 15 miliar Pounds, dan juga Lakhsmi Mittal dan keluarga yang menjadi salah satu investor klub divisi 1 Queens Park Rangers lewat tabungan berjumlah 12,5 miliar Pounds.

 

Kondisi demikian jelas berdampak signifikan bagi Abramovich. Sejak tiba di Stamford Bridge pada tahun 2003, dia bisa seenaknya merekrut bintang-bintang kelas dunia macam Didier Drogba, Michael Essien, sampai Andriy Shevchenko dengan mengandalkan kekuatan kapitalnya. Hasilnya memang efektif.

 

Menghabiskan ratusan juta Pounds, Abramovich memberi Chelsea 2 mahkota liga Primer, 2 trofi Piala Liga, dan 1 gelar Piala FA.

 

Kini, pebisnis berusia 42 ini tak dapat lagi menerapkan kebijakan transfer boros tersebut. Sebab, dia pasti kalah uang jika harus berhadapan dengan Al-Nahyan atau Mittal meski Abramovich pun sebenarnya sudah kewalahan tanpa kehadiran kedua rivalnya tersebut. Akibat krisis finansial global dan pengeluaran besar di masa lalu, dia menghentikan arus keluar neraca The Blues, julukan Chelsea. Terbukti, pelatih Luiz Felipe Scolari tak dibekali modal belanja pemain di bursa transfer musim dingin. Abramovich bahkan tidak mengizinkan Scolari menggunakan sepeserpun pemasukan 10 juta Pounds hasil penjualan Wayne Bridge ke Manchester City!

 

Sebaliknya, Al-Nahyan telah memberi lampu hijau untuk arsitek Mark Hughes guna menambah skuad The Citizens, julukan Manchester City. Mengikuti Bridge, Hughes selanjutnya membidik striker Blackburn Rovers Roque Santa Cruz serta duo West Ham Craig Bellamy dan Scott Parker. Ketiga nama itu diperkirakan bernilai 30 juta Pounds.

 

Dari daftar khusus pemain, FourFourTwo menempatkan mantan kapten Inggris David Beckham sebagai pemain sepakbola terkaya Inggris Raya di puncak dengan harta 125 juta Pounds. Becks, sapaan Beckham, jauh meninggalkan pesaing terdekatnya, penyerang Newcastle United Michael Owen yang 'hanya' memiliki 40 juta Pounds, dan pemain terbaik dunia 2008 Cristiano Ronaldo (18 juta Pounds).

 

Pada kategori pelatih, nahkoda tim nasional Inggris Fabio Capello menduduki peringkat pertama. Dikontrak sebesar 6 juta Pounds pertahun dan ditambah simpanan pribadi, dia ditaksir punya kekayaan 25 juta Pounds.

 

Berikut daftar lengkap 20 pemilik klub Inggris Raya terkaya :

1.        Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan (Manchester City), 15 miliar Pounds,

2.        Lakhsmi Mittal dan keluarga (Queens Park Rangers), 12,5 miliar Pounds,

3.        Roman Abramovich (Chelsea), 7 miliar Pounds,

4.        Joe Lewis (Tottenham Hotspurs), 2,5  miliar Pounds,

5.        Bernie dan Slavica Ecclestone (Queens Park Rangers), 2,4  miliar Pounds,

6.        Stanley Kroenke (Arsenal), 2,24  miliar Pounds,

7.        Alisher Usmanov (Arsenal), 1,5  miliar Pounds,

8.        Lord Grantchester & keluarga Moores (Everton), 1,2  miliar Pounds,

9.        Dermot Desmond (Glasgow Celtic), 1,2  miliar Pounds,

10.     Lord Ashcroft (Watford), 1,1  miliar Pounds,

11.      Malcolm Glazer dan keluarga (Manchester United), 1,1  miliar Pounds,

12.     Simon Keswick (Cheltenham), 966 juta Pounds,

13.     Trevor Hemmings (Preston North End) 900 juta Pounds,

14.     Mike Ashley (Newcastle United), 800 juta Pounds,

15.     Randy Lerner (Aston Villa), 750 juta Pounds,

16.     Tom Hicks (Liverpool), 700 juta Pounds,

17.     Keluarga Walker (Blackburn Rovers), 660 juta Pounds,

18.     Mohammed al-Fayed (Fulham), 650 juta Pounds,

19.     Sir David Murray (Glasgow Rangers), 600 juta Pounds,

20.     Steve Morgan (Wolverhampton Wanderers), 400 juta Pounds.

 

 

Sumber : Harian "Seputar Indonesia" edisi 8 Januari 2009

 

 

No comments: