anti israel flag
MAUKAH ANDA DIBAYAR HANYA DENGAN MENGKLIK IKLAN DAN NGELIATIN IKLANNYA SELAMA BEBERAPA DETIK? TANPA SYARAT, TANPA ANCAMAN, TANPA TIPUAN... BERGABUNGLAH DI KLIKRUPIAH, KLIKAJADEH, NGEBUX atau ARA-BUX !!! KALAU MAU MAKSIMAL, GABUNG SAJA DENGAN KEEMPAT-EMPATNYA!

Monday, May 4, 2009

Berpuluh-Puluh Tahun Merdeka, Kapasitas Listrik Indonesia Cuma 30.000 MW!!!


Kapasitas listrik PLN untuk seluruh Indonesia hanya 30 ribu MW. Tak heran, meski sudah 63 tahun lebih, seluruh wilayah di Indonesia belum sepenuhnya bisa dialiri listrik oleh PLN.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Utama PLN Fahmi Mochtar saat makan malam bersama wartawan di Nusa Dua, Bali, Senin (4/5/2009).

"Sekarang ini situasi listrik merupakan akumulasi dari situasi krisis 1998, kemampuan PLN untuk berinvestasi minim sekali, dan sejak 1998 investasi dan kemampuan PLN juga sedikit. Jadi meskipun Indonesia sudah 63 tahun merdeka cuma punya kapasitas 30 ribu MW," tuturnya.

Padahal menurut Fahmi, pertumbuhan permintaan listrik di Indonesia tidak pernah negatif, terus meningkat. 

"Bahkan pada krisis 1998 saat pertumbuhan ekonomi kita minus, permintaan listrik tetap positif," katanya.

Namun, dengan beban biaya produksi yang terus naik, struktur biaya dengan pendapatan PLN menjadi tidak seimbang.

"Tarif listrik kita sejak 2003 sampai hari ini masih sama, dan sejak 2003 sampai sekarang input cost (biaya) kita tetap naik, seperti BBM yang terus naik, tapi tarif kita tetap seperti 2003, jadinya tidak balance biaya dengan pendapatan," jelasnya.

Dikatakannya, pada akhir 2008 beban biaya produksi listrik PLN adalah Rp 1.137/kwh, sementara harga jual listriknya adalah Rp 630/kwh.

"Selisih ini membuat kita tidak punya kemampuan untuk berinvestasi, lalu meskipun pemerintah memberikan subsidi kepada PLN, tetap belum bisa menutup biaya PLN," keluh Fahmi.

Karena itu langkah pemerintah pada 2006/2007 adalah meluncurkan proyek pembangkit listrik 10 ribu MW, untuk menutupin kebutuhan permintaan  listrik yang mencapai 3.000 MW per tahun.

"Jadi proyek 10 ribu MW ini juga tidak cukup karena akan habis dalam 3 tahun. Pada 2007 ada 30 titik yang kekurangan daya listrik, berkurang menjadi 13 titik di 2008. Kita harapkan di 2009 jumlahnya akan terus berkurang," pungkasnya.


Sumber : www.detik.com


No comments: