anti israel flag
MAUKAH ANDA DIBAYAR HANYA DENGAN MENGKLIK IKLAN DAN NGELIATIN IKLANNYA SELAMA BEBERAPA DETIK? TANPA SYARAT, TANPA ANCAMAN, TANPA TIPUAN... BERGABUNGLAH DI KLIKRUPIAH, KLIKAJADEH, NGEBUX atau ARA-BUX !!! KALAU MAU MAKSIMAL, GABUNG SAJA DENGAN KEEMPAT-EMPATNYA!

Wednesday, January 21, 2009

Penjualan Honda dan Yamaha Saling Salip!!!


Pertarungan antara Honda dan Yamaha pada segmen pasar motor semakin ketat. Bahkan, pada Desember 2008, volume penjualan Yamaha berhasil menyalip Honda yang selama ini menjadi pemimpin pasar motor di tanah air!

Pabrikan berlogo garpu tala tersebut, berhasil mencatat penjualan sebanyak 194.423 unit, sedangkan Honda mencatat 173.849 unit.

Sekalipun begitu, Honda tetap memimpin pasar dengan total penjualan sebanyak 2.874.000 unit. Sementara Yamaha membukukan penjualan 2.470.000 unit.

General Manager Marketing dan Motorsport PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Bambang Asmarabudi mengatakan, prestasi penjualan tertinggi pada Desember 2008 tersebut membuktikan kalau Yamaha berhasil membangun brand di pasar otomotif.

Strategi untuk tidak menaikkan uang muka yang terlalu tinggi juga berhasil menjaga permintaan pasar.

“Ketika ada krisis, kenaikannya tidak terlalu jauh,” ujar Bambang.

Berdasarkan data, volume penjualan sepeda motor pada Desember 2008 tercatat sebanyak 403.511 unit. Pasar motor dipimpin Yamaha dengan penjualan 194.423 unit dan pangsa pasar 48,2 persen. Honda 173.849 unit (43,1 persen), Suzuki 30.975 unit (7,7 persen) dan Kawasaki 3.264 unit (0,8 persen).

Sementara itu, General Manager Divisi Pemasaran dan Pengembangan Produk PT. Astra Honda Motor (AHM) Sigit Kumala menjelaskan bahwa penurunan penjualan pada bulan Desember sengaja dilakukan perseroan demi menjaga stok di tingkat dealer.

“Besarnya produksi Honda pada November 2008 sebelumnya memaksa perseroan menurunkan produksi di akhir tahun,” paparnya.

“Kami harus menjaga stok produk. Peningkatan produksi akan mulai kita lakukan kembali pada awal tahun 2009 ini,” tambahnya.

Hingga akhir tahun lalu, Honda masih berhasil mencatatkan total penjualan 2.874.000 unit dengan pertumbuhan sebesar 34 persen. Meskipun begitu, fakta penjualan tidak dapat dipungkiri memperlihatkan bahwa Yamaha telah menjadi pesaing serius Honda, dimana pada tahun-tahun terdahulu, penjualan motor Honda begitu dominan dibandingkan dengan para kompetitornya. Bisa dikatakan, saat itu total penjualan Honda bahkan lebih tinggi bila dibandingkan dengan total penjualan pesaingnya digabungkan jadi satu! Kini? Bersiap-siaplah menerima salipan sengit dari Yamaha!

 

Sumber : Harian "Seputar Indonesia" edisi 20 Januari 2009



No comments: